Inter Lab Meeting 94 Gas Alam Kalimantan Timur di SPS Site Total E&P Indonesie

Inter Lab Meeting (ILM) 94 merupakan kegiatan kerja di luar site pertama saya selama ikut program management trainee. dan kebetulan kegiatan ILM ini dilakukan di SPS Site, Senipah, tempat PKL saya tahun 2014. (baca artikelnya di sini). Jadi kegiatan ILM 94 ini sekaligus mengenang masa masa PKL dulu.

Apa itu ILM?

ILM merupakan sejenis kegiatan korelasi bersama antar Lab yang terhubung dalam jaringan gas alam Kalimantan Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antar Lab tersebut dan memastikan kualitas dari masing - masing Lab.

ILM dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan titik sampling dan lab verifikasi yang berbeda - beda.

Mengapa ILM menjadi hal yang penting?

Dalam jaringan gas alam Kalimantan Timur, salah satu parameter penting yang berhubungan dengan masalah finansial adalah harga gas alam. Nah, yang menentukan harga dari gas alam disamping kuantitasnya (volumenya) adalah kualitasnya (nilai bakar) yang dilihat dari indikator nilai HHV. Nilai HHV ini dilihat berdasarkan komposisi dari gas alam.

Komposisi gas alam yang menentukan adalah bagian laboratory masing masing institusi. Nah, untuk memastikan persepsinya lab ini sama, maka diadakan ILM.

Institusi mana saja yang ikut ILM?

Anggota ILM adalah institusi yang berkaitan dengan jaringan gas alam Kalimantan Timur. diantaranya adalah:

  • Badak LNG
  • Pupuk Kalimantan Timur (PKT)
  • Kaltim Methanol Industri (KMI)
  • Kaltim Parna Industri (KPI)
  • Pertagas Kalimantan Timur
  • ENI Muara Bakau
  • Total E&P Indonesie (TEPI)
  • Chevron Indonesia
  • Virginia Oil Company (VICO) Indonesia
Apa saja yang dilakukan selama ILM?

Yang pertama adalah sampling gas. Lokasi dari titik sampling ini ditentukan bersama dari anggota ILM. Dan lokasinya harus di dalam area jaringan gas Kalimantan Timur dan yang dikuasai oleh anggota ILM. Kebetulan ILM ke 94 ini sampling pointnya di metering gas, Peciko Processing Area (PPA) di kompleks Senipah Peciko South Mahakam (SPS Site) Kelurahan Senipah, Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Peralatan sampling ILM

Petugas sampling gas adalah Badak LNG. Dalam hal ini, Badak LNG bertugas untuk menyediakan personel dan peralatan sampling seperti: silinder sampel gas untuk masing masing anggota, handtools, dan lainnya.

Selfie setelah sampling

Sampling dilakukan dengan disaksikan oleh semua anggota ILM. Hal ini untuk memastikan bahwa semua sampel berasal dari titik sampling yang sama. Jumlah silinder sampel yang di isi berjumlah sesuai anggota ILM dan ditambah 2 untuk verifikasi.

Setelah sampling selesai dilakukan, selanjutnya adalah verifikasi.

Apa itu Verifikasi ILM?

Verifikasi ILM adalah analisa sampel berlabel verifikasi 1 dan 2 yang dilakukan di laboratorium tuan rumah tempat ILM berlansung. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap sampel yang akan dibawa oleh anggota untuk dianalisa, sudah homogen atau sama.

Indikator bahwa sampel sampel tersebut sudah homogen adalah analisa verifikasi 1 dan 2 nilai deviasi reproduksibilitasnya dibawah yang telah ditetapkan oleh GPA 2261.
Proses Verifikasi di Handil Base 2

Jika hasil verifikasi tidak sesuai maka harus dilakukan sampling ulang. Jika hasil verifikasi sesuai maka sampel akan diserahkan ke masing - masing anggota untuk dilakukan analisa di lab masing masing.

Batas waktu pengumpulan hasil analisa juga ditentukan setelah proses verifikasi. Dan institusi pengolah data yang ditunjuk adalah Badak LNG.

Setelah jatuh tempo dan semua data hasil analisa diterima, maka pengolah data akan mengolah data tersebut sehingga timbul hasil yang menunjukkan lab mana saja yang menyimpang dari nilai mayoritas.

Selanjutnya hasil tersebut akan dievaluasi bersama.

Mengapa petugas sampel dan pengolah data yang ditunjuk adalah Badak LNG?

Karena Badak LNG adalah institusi non-profit satu - atunya di jaringan gas alam Kalimantan Timur maka dari itu, Badak LNG diharapkan yang paling netral dalam hal ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inter Lab Meeting 94 Gas Alam Kalimantan Timur di SPS Site Total E&P Indonesie"

Post a Comment