Jasa Layanan Laboratorium Sebagai Salah Satu Paket Menjanjikan Industri Pelatihan

Bisnis pelatihan bukan menjadi barang baru bagi Badak LNG. Terhitung sejak medio 2000-an Badak LNG sudah menjadi pionir dalam pelatihan industri LNG di tingkat global. Industri pelatihan memang menunjukkan tren pertumbuhan di tahun – tahun belakangan.

Menurut Allied Market Research, pasar industri pelatihan korporasi global terhitung sebesar 332 milyar dollar di tahun 2019 dan diproyeksikan akan terus meningkat menjadi 417 milyar dollar pada tahun 2027 mendatang. Menurut klasifikasi jenis industrinya, manufaktur menempati 3 teratas. Menurut keahliannya, teknis menempati tingkat teratas.

Pelatihan industri LNG diharapkan akan mengalami peningkatan tajam di tahun mendatang seiring dengan perkembangan Industri LNG yang masif. Menurut Grand Vied Research, kapasitas pasar LNG global mencapai 356 juta ton pada tahun 2019 dan diperkirakan akan meningkat 5,7% tiap tahunnya sampai tahun 2027. Dengan dua fakta meningkatnya industri pelatihan sekaligus industri LNG ini, Badak LNG berkesempatan besar untuk turut andil.

Diantara keahlian teknis yang dipunyai oleh manufaktur, jasa layanan laboratorium adalah salah satu kemampuan wajib yang dimiliki. Menurut Peter & Timmerhaus, biaya Laboratorium secara khusus harus dianggarkan pada industri kimia paling tidak 20% dari total biaya tenaga kerja atau 5% upah kontraktor pada tahap pembangunan. Hal ini menunjukkan pentingnya keahlian laboratorium di industri manufaktur kimia termasuk LNG. Dengan fakta – fakta tersebut, pelatihan laboratorium LNG tentunya menjanjikan dan harus jadi bagian dalam paket pelatihan yang ditawarkan oleh Badak LNG. 

Dalam perjalanannya, Laboratorium Badak LNG terbukti telah sukses melatih personel LNG internasional. Di tahun 2010, personel Laboratorium Badak LNG mendapatkan penugasan asistensi di Snøhvit LNG. Pelatihan on-site juga beberapa kali telah diselenggarakan diantaranya adalah melatih Angola LNG dan Donggi Senoro LNG. Dalam waktu dekat, Laboratorium Badak LNG dipercaya kembali untuk melatih perusahaan teranyar di Industri LNG, Coral-Sul FLNG. Dengan pangsa pasar yang menjanjikan sekaligus pengalaman yang mumpuni, Laboratorium Badak LNG sudah barang tentu menjadi lini bisnis pelatihan yang menjanjikan yang dimiliki oleh Badak LNG di pasar Internasional.

Tentu Laboratorium Badak LNG punya keunikan tersendiri, karena Laboratorium Badak LNG menjadi Laboratorium Kilang LNG yang mana hanya terdapat 4 laboratorium sejenis di Indonesia. Laboratorium Badak LNG pun pernah menjadi rujukan Laboratorium Lemigas untuk kegiatan pengambilan sampel gas alam. Laboratorium Badak LNG juga dipercaya terus – menerus menjadi petugas pengambil sampel dan pengolah data untuk kegiatan tes komparasi di laboratorium gas alam seluruh Kalimantan Timur.

Sebagai perbandingan, beberapa perusahaan pelatihan laboratorium di Indonesia tercatat kini mempunyai jadwal pelatihan tetap dengan rata – rata mengadakan 5 kali pelatihan tiap bulannya dan terus meningkat. Ini menunjukkan bahwa pasar pelatihan laboratorium domestik juga merupakan hal yang menjanjikan. Laboratorium Badak LNG sangat berpotensi menjadi pemain utama dalam pasar pelatihan Laboratorium domestik.

Mengenai profil instruktur, Laboratorium Badak LNG memiliki 5 asesor dengan 9 skema sertifikasi yang seluruhnya sudah diakreditasi BNSP. Mengenai fasilitas, Laboratorium Badak LNG pernah dipercaya sebagai Tempat Uji Kompetensi Telapi. Kedua aspek tersebut merupakan modal yang sangat mumpuni untuk bisa berkancah di industri pelatihan laboratorium ditambah dengan analis kompeten yang sudah tersertifikasi BNSP yang nantinya akan menjadi instruktur di masa depan.

Dari semua aspek di atas, Laboratorium Badak LNG diharapkan bisa menjadi salah satu punggawa dalam diversifikasi bisnis Badak LNG dalam menyongsong perubahan secara lincah. Semua itu demi menghadapi tantangan setengah abad Badak LNG dalam tagline “Agile Transformation.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jasa Layanan Laboratorium Sebagai Salah Satu Paket Menjanjikan Industri Pelatihan"

Post a Comment