Lab Lingkungan: Sebagai Salah Satu Lini Bisnis Baru Badak LNG

Bisnis Badak LNG ke depannya harus terdiversifikasi dan tidak bergantung melulu ke bisnis utamanya yaitu produksi LNG. Semangat ini terlontar oleh Bapak Didik Sasongko Widi (Ex. CEO Badak LNG) di setiap town hall meeting dan setiap pernyataan mengenai bagaimana Badak LNG ke depan. 


Bukan tanpa alasan, industri LNG global semakin ketat dan ramalan Bapak Kartiyoso Sayogyo (ex-COO Badak LNG) dalam bukunya terbitan tahun 1999 “Pelangi di belantara Kaltim, PT Badak NGL,Co” yang menyataan bahwa industri LNG nantinya bergeser dari yang producer oriented ke consumer oriented yang mana akan lebih memanjakan konsumen dengan kondisi produsen yang lebih banyak serta harga yang lebih kompetitif nampaknya semakin nyata. Hal ini juga akan dirasakan Badak LNG. Setidaknya hal ini akan berlansung cukup lama mengingat menurut Bapak Daniel S. Purba (SVP Pertamina) kondisi kompetitif ini akan berlangsung setidaknya sampai tahun 2029 dimana rantai pasok LNG akan balance kembali. Bagaimana Badak LNG menghadapi hal ini? Dalam suatu kesempatan Bapak Teten H. Rustendi (Dep. Dir SBD Badak LNG) menyatakan bahwa setiap aset Badak LNG harus dioptimalkan dalam rangka menekan operating cost sekaligus mendapatkan revenue tambahan. Laboratory & EC adalah salah satu section yang memiliki aset yang sangat potensial untuk dikomersilkan. Mengingat telah terakreditasi ISO 17025 untuk laboratorium (lab) penguji, akreditasi lab lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup, serta Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) Badak LNG dan TELAPI yang terakreditasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sebagai lab lingkungan, aset ini juga bernilai stategis mengingat letak lab Badak LNG dikelilingi oleh industri – industri besar yang sudah barang tentu akan membutuhkan jasa lab lingkungan untuk membuktikan kepatuhannya pada aspek lingkungan yang telah ditetapkan. Ditambah dengan reputasi Badak LNG sebagai langganan “PROPER EMAS”. Sebagai lab lingkungan, Lab & EC mempunyai sederet parameter uji yang telah tersertifikasi (Komite Akreditasi Nasional (KAN) Paremeter ini-pun singkron dengan persyaratan KLH. Dengan melihat kenyataan di atas, diharapkan jasa lab lingkungan ini menjadi laris manis. Untuk tempat uji kompetensi, lab & EC Badak LNG berpotensi sebagai pencetak analis kimia lingkungan dan petugas lingkungan dengan standard nasional & internasional dengan kemampuan umum hingga khusus. Lab & EC Badak LNG bisa menjadi kawah “candradimuka”nya para analis kimia lingkungan & petugas lingkungan. Tetapi kemampuan di atas apakah sudah teruji? Sebagai lab lingkungan, Lab & EC pernah menerima permintaan IKPT untuk menguji limbah di kawasan Kaltim Industrial Estate (KIE). Dan dari sisi tempat uji kompetensi (TUK) Lab & EC telah mensertifikasi puluhan analis, melatih analis dari berbagai macam industri seperti: Donggi Senoro LNG (DS LNG), Yaman LNG, dan lain - lain. “Alumni” magang Lab & EC telah dipercaya memangku jabatan sebagai Environment Control Officer di DS LNG. Dari semua potensi & pengalaman Lab & EC sebagai Lab Lingkungan, tentunya harus disingkronkan dengan salah satu hal terpenting dalam bisnis, marketing.

"Beberapa Lab Lingkungan di Amerika Serikat dengan jumlah pegawai rata - rata 80 orang, dapat menghasilkan pendapatan rata - rata 8 juta USD pertahun" The Maxwell Top 25: Environmental Lab Industry – Review and Analysis 2018

Bentuk marketing dari Lab & EC ini secara pasif telah disebarkan seiring harumnya nama Badak LNG di industri LNG global. Tetapi untuk kondisi yang serba kompetitif seperti sekarang, maka marketing pasif harus dikembangkan menjadi marketing aktif. Manifestasi dari marketing aktif ini telah digarap serius dan dimulai dengan Bulletin Lab & EC yang telah terbit tiap bulan ini sendiri dan yang sedang digarap adalah pembuatan buku Lab & EC berdasarkan program yang telah disepakati. Ke depannya marketing ini bisa dikembangkan menjadi pelbagai media sosial, website Perusahaan, atau bahkan membuat website mandiri. Lab & EC sebagai lab lingkungan yang diharapkan menjadi lini bisnis baru Badak LNG, tentunya membutuhkan komitmen penuh dari semua pihak. Karena sekali lagi, tujuan seluruh upaya yang telah, sedang, dan akan dilakukan adalah untuk mewujudkan tagline Badak LNG sebagai Center of Excellence.

Daftar Pustaka:

Sayogyo, Kartiyoso. (1999). “Pelangi di Belantara Kaltim. PT Badak NGL”. Badak LNG.

Widi, Didik S. & Rustendi, Teten H.(2020). “Production Town Hall Meeting”. Badak LNG

Purba, Daniel S. (2020). “Kondisi Bisnis Gas & LNG Pasca Covid-19”. Indonesian Gas Society Webinar Series

Widagdo, Nugrahanto (2020). “Program Kerja Lab & EC 2020”. Lab & EC Badak LNG

Maxwell, Steve. (2018). “The Maxwell Top 25: Environmental Lab Industry – Review and Analysis 2018”. TechKNOWLEDGEy Strategic Group


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Lab Lingkungan: Sebagai Salah Satu Lini Bisnis Baru Badak LNG"

Post a Comment