Proses Pencairan LPG di Badak LNG

Selamat malam bloggers...

Sebelumnya saya ucapkan selamat berpuasa karena tepat pada malam hari ini bulan suci Ramadhan telah tiba..

Malam hari ini saya akan membahas tentang produk samping dari Badak LNG. Seperti yang kita tau, kalo Badak LNG ini produknya ada tiga yaitu: LNG, LPG, dan Kondensat. Utamanya adalah LNG, tetapi proses pembuatan LPG dan Kondensat tidak kalah menarik untuk kita simak bersama.

Lansung saja ya...

Proses yang saya bahas kali ini tentang pencairannya saja, untuk proses pemurniannya sama dengan LNG, bisa disimak di sini. Di Badak LNG, LPG diproduksi secara terpisah komponennya, jadi ada LPG propana dan LPG butana tidak dicampurkan.

Skema proses pencairan, penyimpanan, dan pengapalan LPG di Badak LNG
Proses Pencairan LPG

Skema umumnya seperti pada gambar diatas. Jadi pertama - tama, masing - masing gas (propana dan butana) yang telah terpisah yang berasal dari plant 3 yaitu unit fraksinasi akan masuk ke dalam unit cold box. Unit cold box disini terdapat dua heat exchanger yang bertugas mencairkan kedua gas tersebut dengan menggunakan refrigeran etana. Propan dan Butan akan masuk ke cold box dan masuk ke unit heat exchanger pertama. Di sini, butana akan lansung berubah fasa menjadi cair sedangkan propana belum. Setelah melewati unit ini, butana akan lansung dialirkan ke unit penyimpanan sementara propana masih akan dicairkan di heat exchanger kedua. Setelah propan mencair saat melewati unit kedua barulah propana dialirkan ke unit penyimpanan.

Proses Refrijerasi Etana untuk Mencairkan LPG

Untuk proses refrijerasinya sendiri pertama - tama gas etana akan di kompresi dengan kompresor kemudian akan di kondensasikan dengan bantuan fin fan cooler. Setelah itu etana akan masuk ke unit pengumpul lalu kemudian masuk ke heat exchanger pertama di cold box untuk didinginkan oleh dirinya sendiri. Etana yang sudah dingin akan di split menjadi dua, yang pertama akan didinginkan lebih lanjut di heat exchanger kedua. Yang kedua akan di ekspansikan sehingga tekanan dan suhunya turun. Disini terbentuk dua fase etana, gas dan cair yang sama sama memiliki suhu yang dingin dan sama sama dimasukkan kembali ke heat exchanger pertama untuk mencairkan gas butana, mendinginkan gas propana, dan mendinginkan dirinya sendiri.

Untuk gas etana yang telah didinginkan dua kali (di heat exchanger pertama dan kedua) prosesnya sama yaitu akan di ekspansikan dan dimasukkan kembali ke heat exchanger ke dua untuk mencairkan gas propana dan mendinginkan dirinya sendiri.

Demikian proses pencairan LPG yang ada di Badak LNG. Jika ada komentar atau pertanyaan seputar pencairan LPG jangan sungkan - sungkan mengetiknya di kolom komentar, terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Pencairan LPG di Badak LNG"

Post a Comment