Kuliah umum bersama Prof. Dr. I Gede Wenten, penemu teknologi membran

Siang kemaren merupakan kesempatan yang langka bagi seluruh mahasiswa LNG Academy, karena mereka mendapat kesempatan kuliah umum bersama salah satu pakar teknologi membran di Indonesia bahkan salah satunya di dunia.

suasana kuliah umum bersama Prof. Dr. I Gede Wenten


Pakar tersebut adalah Prof. Dr. I Gede Wenten dari Institut Teknologi Bandung. Beliau menyempatkan diri memberikan kuliah kepada mahasiswa LNG Academy angkatan 1, 2, dan 3 karena kebetulan beliau sedang berada di kota Bontang untuk menjadi konsultan di PT Badak NGL dan PT Pupuk Kalimantan Timur mengenai aplikasi teknologi membran untuk menunjang kegiatan produksi di pabrik masing - masing.

Pengalaman beliau tidak perlu diragukan lagi, beliau memulai pendidikan tingginya di ITB dan melanjutkan ke Denmark Tecnology University. Beliau sempat melanglang buana, bekerja di Eropa dan Amerika, sebelum menemukan teknologi membran yang membuat nama beliau terkenal dan diakui di dunia Internasional.

Prof. Dr. I Gede Wenten sedang menjelaskan aplikasi teknologi membran di segala bidang industri

Beliau kembali ke Indonesia pada zaman krisis moneter. Masa masa sulit ketika kembali ke Indonesia tidak membuat beliau kembali ke tanah Eropa, justru membuat beliau menjadi bersemangat untuk mengaplikasikan teknologi membran yang telah diciptakannya menjadi kebanggaan Indonesia dan membuat Indonesia maju di bidang ini. Hal itu ditandai dengan didirikannya pabrik pembuatan membran di Bandung. Beliau juga menjadi vendor bidang membran dari beberapa perusahaan ternama.

Dalam kuliahnya, beliau menyampaikan tentang teori, aplikasi, dan cara pembuatan teknologi membran. Aplikasi dari teknologi membran sangat banyak, diantaranya adalah:

  • Industri sawit: membran digunakan untuk media pemanfaatan ampas buah sawit
  • Industri gula: membran digunakan untuk menyaring sari sari gula dari tebu
  • industri bir: membran digunakan untuk memisahkan bir dari ethanolnya, sehingga menghasilkan bir tanpa alkohol sebagai minuman sehat dan ethanol sebagai bahan bakar
  • Industri minuman: membran digunakan untuk memisahkan air kelapa menjadi isotonik dan nata de coco
  • Industri air minum: membran digunakan untuk menyaring air limbah menjadi air bersih yang dapat diminum
  • Industri migas: membran digunakan untuk media penyerap gas karbon dioksida dari gas alam, dan membran digunakan untuk media pemisah gas dan minyak dalam separator
Dan masih banyak yang lainnya, tetapi teknologi membran ini memang kegunaan terbesarnya adalah untuk menyuling air. Untuk mengetahui fungsi dari air suling di industri silahkan simak di sini

Meskipun telah banyak paten yang dimiliki oleh beliau, beliau tetap berkali - kali menyatakan bahwa beliau bukanlah pengusaha membran, melainkan penemu, jadi beliau tidak mendapatkan hak sepenuhnya dari hasil ciptaannya.

Cara mengajar beliau sangat interaktif dengan beberapa candaan yang cerdas yang sempat membuat suasana kelas menjadi riang. Beliau juga menyisipkan pesan pesan kepada para mahasiswa LNG Academy untuk lebih menambah rasa nasionalisme dengan membuat harum nama bangsa. Beliau juga menitipkan cita - cita kepada kami, yaitu untuk menciptakan sesuatu yang lebih berguna dari yang beliau ciptakan sekarang ini.

foto bersama mahasiswa LNG Academy di akhir sesi kuliah


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kuliah umum bersama Prof. Dr. I Gede Wenten, penemu teknologi membran"

  1. senangnya...berharap prof Dr. I Gede Wenten dapat memberi kuliah umum di Politeknik Negeri Ujung Pandang....

    ReplyDelete