Cost Estimation Course Batch-II

Holla Bloggers!!
Well.. kali ini saya akan menceritakan kegiatan saya pada bulan terakhir di tahun 2015 ini. Yah.. tidak terasa sudah mendekati akhir dari tahun 2015. Tidak terasa juga hampir setahun saya ga ngerasain suasana kuliah. Tapi pengalaman bekerja jauh lebih memberikan saya pelajaran hidup.

Salah satunya yang akan saya bahas kali ini. Jadi, di bulan Desember ini saya ditugaskan untuk mengikuti kursus selama tiga hari. Ditugaskannya terhitung mendadak, karena shanya dua hari sebelumnya. Penugasan ini juga dilatar belakangi kebutuhan saya akan ilmu estimasi harga. Karena kebetulan untuk saat ini disaat yang bersamaan, saya sedang menggarap proyek. Dan ilmu estimasi sangat diperlukan untuk mengerjakan sebuah proyek.

Kursus ini diselenggarakan oleh Badak LNG. Bertempat di bangkirai meeting room di hotel grand jatra Balikpapan. Bagi saya ini merupakan kesempatan yang langka karena bisa mendapatkan ilmu baru, waktunya berdekatan dengan libur natal, dan juga tempatnya berdekatan dengan kampung halaman.

Hari pertama kursus diisi oleh manager seksi saya sendiri yaitu pak M.R. Taufik tentang pendahuluan dan pengenalan proses procurement and contract di Badak LNG. Mulai dari prosesnya sampai contoh - contohnya. 

Sesi di siang harinya diisi dengan topik Economics Engineering yang banyak membahas perhitungan akan initial cost, monetary gains, salvage value, operating cost. Di sesi ini dijelaskan perhitungan untuk menentukan investasi yang akan kita lakukan menguntungkan atau tidak. Di sesi ini juga dicontohkan cara membandingkan keuntungan dari beberapa item pembelian yang mempunyai tipe yang sama. Jadi, kita bisa menentukan dan mengambil keputusan berdasarkan perhitungan yang paling ekonomis. 

Hari kedua diisi oleh pak Syarifudin Saleh selaku Coordinator Estimator and Contract. Beliau membagikan ilmu tentang bagaimana menbuat harga perkiraan sendiri dari suatu proyek. Di sesi ini banyak perhitungan secara teknik sipil. Dari proses menterjemahkan gambar sipil ke list material yang dibutuhkan. Proses menghitung material. Proses perhitungan jam kerja. Sampai penentuan level pekerja.

Sesi siang diisi oleh bu Meutia Pradipta dari bagian Accounting untuk memberikan materi tentang PPn dan PPh23 yang merupakan aspek yang penting dalam proses pembayaran dalam pembelian atau kontrak.

Hari terakhir diisi dengan Evaluasi dan Klarifikasi oleh pak M.R. Taufik kembali. Kali ini dilaksanakan semacam tes untuk mengevaluasi kemampuan peserta untuk membuat harga perkiraan sendiri. Di sesi ini, yang dicontohkan adalah kontrak sederhana tentang pemasangan internet di kantor Badak Jakarta

Intinya, kursus ini bener - bener menambah ilmu saya terutama bidang estimasi teknis. Saya jadi bisa membandingkan dan menentukan suatu proses pembelian entah itu pengadaan barang, kontrak, ataupun investasi yang ujung - ujungnya memberikan profit untuk perusahaan.

Peserta Cost Estimation Course Batch-II berfoto bersama pak M.R. Taufik dan pak Syarifuddin Saleh

Dengan pose andalan "Jempol Badak"


Oke, sekian dulu Bloggers, selamat tahun baru 2016!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cost Estimation Course Batch-II"

Post a Comment