On Job Training di Total E&P Indonesie

Selamat bulan juli, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, selamat berliburan bagi yang mendapatkannya..

sedangkan saya? saya engga liburan :(

lalu bulan juli saya diisi dengan apa? Bulan juli saya diisi dengan kerja praktek di salah satu perusahaan yang berada di Kalimantan Timur, sebuah perusahaan asing tapi presiden direkturnya orang Indonesia, sebuah perusahaan yang memiliki lahan eksplorasi yang luasnya hampir setengah luas dari provinsi kalimantan timur.

Itulah Total E&P Indonesie, sebuah perusahaan skala internasional yang memiliki cakupan eksplorasi yang luas mulai dari daerah sungai mahakam hingga terbentang jauh ke selat makassar. Disinilah saya selama satu bulan kedepan, menyerap segala ilmu yang saya bisa ambil untuk kebutuhan studi saya di bidang pengolahan gas. Sebelumnya belum sempet kebayang sih untuk praktek di TEPI (kependekan dari Total E&P Indonesie) gimana rasanya.

Nah yang kebagian untuk kerja praktek di TEPI dari LNG Academy ada tujuh orang termasuk saya:

  1. Bahtiar Setiawan ( Mechanical / Rotating Equipment )
  2. Candra Aditya Wiguna (ane sendiri, Gas Processing)
  3. Haggy Prabu Margandhi (Electrical / Instrumentation)
  4. Ilham Ayuning Tanjung Sari (Mechanical / Rotating Equipment)
  5. Magda Dwi Apriani (Gas Processing)
  6. Muhammad Irfan Maulana (Electrical / Indtrumentation)
  7. Zaenul Akbar Santoso (Electrical / Instrumentation)


Kerja praktek saya diawali pada hari keberangkatan dari Bontang tanggal 5 Juli 2014, jam 6 pagi saya sudah bersiap berangkat ke Balikpapan via pesawat ATR-nya Badak LNG. Saya ama keenam temen saya berangkat jam tujuh dari Bandara LNG Badak Bontang (BXT) nyampainya 20menit kemudian di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan (BPN). Lansung dapat akomodasi gratis dari Magda hehehe :)) soalnya orang tuanya baru bikin kost - kostan di Balikpapan. Ya itung itung kita test drive kostannya dulu.

Kostannya namanya kos Bougenville, terletak di daerah Perum Korpri Sepinggan Baru di Balikpapan. Kosannya adem soalnya diatas bukit tempatnya. KP baru mulai tanggal 7 Juli jadinya bisa nyantai dulu sambil weekend di Balikpapan hehehe.

Tanggal 7 kami bertujuh menuju kantor Total E&P Indonesie Balikpapan di daerah jalan Yos Sudarso (familiarnya jalan minyak). Untuk menemui penanggung jawab kami selama KP yaitu bu Edna, HRO/TRG (Training) TEPI. Setelah mengurus badge dan segala macem. Kita diwajibkan ikut dalam safety briefing (salah satu kebiasaan positifnya perusahaan kelas dunia nih). Setelah itu pembagian lokasi. Lokasi yang akan dikunjungi ada dua yaitu Tambora dan Senipah. Zaenul dan Irfan kedapatan di daerah Tambora, sementara saya dan sisanya kedapatan di Senipah. Semuanya belum pernah kesana jadi kita semua feeling excited!!

Keesokan harinya kita berangkat dari car pool Total E&P Indonesie yang letaknya ga jauh dari kantornya. Berangkat jam 6. Saya pesenin juga buat yang mau naek bisnya TEPI jangan ampe telat soalnya supir bis ga bakal nunggu karena patuh ama jadwal (lagi lagi salah satu kebiasaan positif perusahaan kelas dunia ). Perjalanan kurang lebih dua jam dari Balikpapan menuju Senipah. Sesampainya di Senipah, badge kami tukarkan dengan badge khusus di kawasan SPS (Senipah - Peciko - South Mahakam), menandakan bahwa kita berada di kawasannya TEPI. Setelah itu Zaenul ama Irfan melanjutkan perjalanan kembali menuju CPU Tambora.

Saya berpose di depan kantor SPS

Kami berlima akhirnya menuju MTC (Mahakam Training Center) ditemani oleh pak Junaidi (HR TEPI) untuk mengurus kamar. Kami dapat di apartemen R, sebutannya sarang burung atau sarang walet, karena bentuknya emang mirip sarang burung walet dengan jendela yang kecil ditambah dengan adanya pipa pipa yang keluar dari dinding dindingnya.

Hari pertama lansung ada kegiatan dari masing - masing mentor lapangan kami. Kalo saya ama Magda mentornya adalah pak Hengkie (Site Engineer - SPS) diajak ke PPA (Peciko Processing Area) untuk melihat proses gas di sana. Kalo Bahtiar ama Ayu di Workshop Mekanik dan Haggy di Workshop Instrumen.

Sekian dulu ya, ntar diupdate lagi ama post baru. Silahkan menginggalkan komen di kolom komen di bawah ya :)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "On Job Training di Total E&P Indonesie"

  1. kak, perkenalkan saya Anwar, mahasiswa semester 5 Teknik Kimia. Kalo OJT di PT TOTAL, proposal permohonannya berbahasa inggris / Indonesia kak? sama pas presentasi di akhir kerja praktek, itu berbahasa Indonesia atau Inggris?

    ReplyDelete
  2. Kalo pengajuan proposal nya berbahasa Inggris, saya minta dikirimin dong kak, soalnya baru bikin yang bahasa. kirim ke anwarjundiy.306@gmail.com

    ReplyDelete
  3. selamat pagi kak
    saya salah satu mahasiswa teknik sistem perkapalan dan ingin melakukan KP2 di TEPI, kira kira berkas apa saja yang harus disiapkan ya? apakah harus memiliki sertif k3? dan bagaimana proposalnya?
    mohon bantuannya kak, terimakasih

    ReplyDelete