Kursus Storage Tank, Safety Operation & Troubleshooting di Surabaya, 3 - 6 Mei 2016

Hola Bloggers? Selamat datang di blog saya dan semoga selalu diberikan rahmat dan kesehatan oleh Tuhan YME. Amin!

Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman tentang kursus Storage Tank, Safety Operation & Troubleshooting. Nah, kursus ini dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 3 sampai dengan 6 Mei 2016. Saya kebetulan ditunjuk untuk mendampingi instruktur dan peserta kursus ini. Tapi, walaupun hanya sebagai pendamping, saya banyak belajar dan dapet banyak ilmu dari kursus kali ini. Lagipula materi yang diajarkan juga sesuai dengan background saya, Gas Processing :D

Perjalanan dimulai pada hari Senin, 2 Mei 2016. Saya berangkat dari Jakarta dengan pesawat pukul 10:00 WIB menuju Surabaya. Sesampainya di Surabaya, ternyata kontingen peserta dan instruktur sampai lebih dulu di Hotel. Hehehehe maaf ya bapak bapak :p Lanjut saja, kemudian saya check in dan memastikan semua peserta telah berada di hotel.

Setelah semua sudah dipastikan beres, saya mengecek venue yang akan digunakan. Ternyata format yang digunakan adalah U-shape. 



"Remember, tidak semua kursus cocok dengan U-shape"

Menurut saya format tersebut hanya cocok digunakan ketika materi kursus merupakan soft skill yang perhatiannya tertuju pada instruktur. Sedangkan untuk kursus kali ini bersifat teknis dan teori, jadi lebih cocok format kelas yang perhatiannya tertuju pada materi. Kasian ntar kalo menggunakan format u-shape leher peserta yang berada di sayap kiri dan kanan menjadi kaku karena harus menoleh ke materi slide. :p


Keesokan harinya kursus dimulai pada pukul 08:00. Pertama - tama saya sebagai pendamping peserta memberikan info - info mendasar tentang fasilitas yang peserta dapatkan selama kursus. Kemudian dilanjutkan dengan safety induction oleh pihak hotel tentang kejadian darurat dan tempat berkumpul sementara. Setelah itu instruktur yaitu Pak Sayid Achmad memperkenalkan diri dan menjelaskan secara singkat riwayat hidup.


Selanjutnya, Pre Test! Peserta diminta untuk mengerjakan serangkaian soal tentang materi yang akan disampaikan. kebayang kan gimana bingungnya? Memang tujuan Pre test ini adalah untuk melihat pengetahuan awal peserta tentang materi yang diajarkan, memang harus bingung, karena kalau sudah mengerti dari awal untuk apa diajarkan lagi kan? hehehe...


Setelah pre test, maka masuk ke materi. Pak Sayid menjelaskan tentang jenis - jenis storage tank (sebelumnya saya sudah membahasnya di postingan di sini) kemudian juga diputarkan video mengenai konstruksi dari storage tank.


Pak Sayid sedang menjelaskan materi
Seperti biasa, kursus kali ini juga ada coffe breaknya. Dan hal yang paling menarik perhatian saya kali ini adalah petisnya, ya! Petisnya begitu nikmat rasanya! Jadi hal yang unik di di hotel Santika Preimere adalah pilihan sausnya minimal tiga jenis, saus tomat, sambal, dan petis.


"Remember! You should try Petis when you are visiting Surabaya!"

And then.. Pak sayid melanjutkan penjelasan materi. Slide presentasi banyak diisi dengan komponen - komponen dari storage tank yang belum pernah dilihat sebelumnya. Foto itu sendiri diambil pada saat maintenance tangki. Mayan... walaupun belum pernah masuk tangki minimal bisa liat liat potonya :p

Lanjut keesokan harinya.. kursus dilanjutkan dengan studi kasus. Studi kasus ini sendiri berkaitan dengan kondisi operasi dari wilayah kerja storage & loading yang menyimpang. Studi kasus ini membahas penyebab terjadinya penyimpangan, resiko yang ditimbulkan dari kejadian penyimpangan kondisi operasi, dan tindakan yang dilakukan untuk mencegah resiko dan mengantisipasi penyimpangan.

Para mendiskusikan problem solving
Berdiskusi tentang problem solving
Studi kasus ini kemudian dipresentasikan dan disinilah saya bisa melihat kalau skill Bapak - bapak disini memang betul - betul mantap di bidang operasi kilang, cara menghadapi keadaan darurat, cara berintegrasi dengan area lain ketika menghadapi keadaan darurat, skill yang tidak bisa dipelajari kecuali dengan pengalaman. "I wish i have some skill like you Pak, hiks :'("

Mempresentasikan hasil diskusi
Mempresentasikan hasil diskusi

Dan kursuspun dilanjutkan, materi tentang storage tank sebetulnya sudah selesai, tetapi instruktur melanjutkan dengan materi tambahan yaitu "LNG Custody"

Apa itu LNG Custody? (Mungkin ane akan membahas detail di postingan lain)

Singkatnya di LNG Custody kita mempelajari tentang proses pengapalan LNG mulai dari sisi peralatan yang dibutuhkan, prosedur, kelengkapan administrasi, sampai dari teknik pengukuran LNG yang telah di pindahkan di kapal.

Intinya, dengan jadi pendamping di kusrus ini saya sedikit banyak tahu tentang salah satu hal yang paling vital di dalam industri LNG yaitu storage tank dan pengapalan.

Dan di akhir sesi adalah post-test. Post-test ini soalnya sama dengan pre-test, jadi tujuannya untuk melihat apakah kursus kali ini meningkatkan pengetahuan para peserta.


Oke, sekian dulu postingan kali ini. Dan kayak biasanya, kalau temen - temen ada pertanyan atau mau diskusi silahkan diketik di kolom komentar ya :)

Terima kasih sudah membaca :D






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kursus Storage Tank, Safety Operation & Troubleshooting di Surabaya, 3 - 6 Mei 2016"

Post a Comment