CPU (Central Processing Unit) Tambora

Mungkin ketika awal orang mendengar kaita CPU yang terbenak dalam pikiran mereka adalah sebuah kotak kecil yang berfungsi sebagai "otak" komputer. Ya, emang bener sih, CPU itu singkatan dari Central Processing Unit. Tapi dalam post saya kali ini tidak membahas tentang komputer, melainkan CPU milik Total E&P Indonesie.

Saya di CPU

CPU Tambora

Seperti yang udah dibahas diatas, CPU singkatannya adalah Central Processing Unit. Kenapa namanya sama dengan salah satu komponen komputer? Sebenernya kebetulan aja, pertama: Central, karena CPU terletak di tengah - tengah area operasi utara dari Total E&P Indonesie. Kedua, Processing Unit karena emang site ini berfungsi sebagai unit proses dari sumur - sumur gas yang berada di sekitarnya.

CPU terletak di suatu pulau di delta sungai Mahakam, tepatnya di kelurahan Tambora, kecamatan Muara Jawa, kabupaten Kutai Kartanegara. CPU bisa diakses menggunakan transportasi air dari pelabuhan Handil Dua dengan jarak waktu sekitar 1 setengah jam.

CPU awalnya merupakan unit pengumpul satu - satunya dari sumur - sumur gas yang berada di daerah Tambora - Tunu (Tatun). Tetapi sekarang seiring berkembangnya daerah ekplorasi dan mulai dieksploitasinya sumur gas Sisi Nubi dan semakin turunnya tekanan gas dari sumur - sumur tersebut, maka CPU sekarang 'ditemani' oleh SPU (South Processing Unit) dan NPU (North Processing Unit).

CPU terdiri dari empat fasilitas utama yaitu: CPU 1 & 2, TCP (Tatun Compression Platform), dan yang terbaru adalah OWT (Oily Water Treatment). CPU 1 & 2 memiliki tugas yang sama yaitu pemisahan. Gas yang berasal dari sumur akan dipisahkan antara gas alam dengan produk liquidnya yaitu condensate. Gas alamnya kemudian akan didehidrasi menggunakan metode absorbsi glikol untuk menghilangkan kandungan air sampai pada batas yang diijinkan. Air disini dihilangkan untuk mencegah terbentuknya hidrat yang bisa saja terbentuk selama gas dikirimkan ke Bontang melalui pipa. Sementara condensatenya akan dikirim ke Senipah untuk diproses (dapat dibaca selengkapnya di posting SPS) melalui Handil empat.

CPU 1 & 2 yang ada di CPU Tambora

TCP merupakan platform yang ditujukan untuk menaikkan tekanan gas dari sumur Tatun dan Sisi Nubi yang akan dikirimkan ke Bontang. TCP ada karena kondisi sumur yang mulai berkurang tekanannya sehingga perlu adanya unit khusus untuk menaikkan sampai tekanan yang sesuai untuk dikirimkan melalui pipa. TCP terdiri atas unit kompresi, dehidrasi, dan metering. Unit kompresi TCP jelas fungsinya adalah untuk menaikkan tekanan gas. Dehidrasi sama dengan yang dimiliki oleh CPU 2 dengan metode absorbsi glikol (untuk saat ini unit inilah yang digunakan, unit dehidrasi pada CPU 1 & 2 sudah tidak digunakan). Unit metering TCP sebenarnya adalah unit metering darurat saat metering yang berada di TRF (Total Receiving Facility) tidak berfungsi dan digunakan atas persetujuan bersama dari produsen gas alam blok Mahakam (VICO - Total - Chevron).

TCP, salah satu fasilitas dari CPU Tambora
Saya ama Magda di atas platform dengan latar TCP
OWT sebenarnya ada karena kondisi sumur yang mulai banyak tergenangi oleh air. Sebenarnya, CPU 1, 2, dan TCP memiliki unit OWT kecil yang mempunyai fungsi yang sama, tetapi kapasitasnya kurang untuk mengolah air yang dihasilkan oleh sumur yang kian lama kian meningkat.

OWT, salah satu fasilitas yang ada di CPU Tambora
Sekian penjelasan singkat dari CPU. Bloggers sekalian bisa juga baca site Total E&P Indonesie lainnya yang pernah saya kunjungi di postingan "SPS Senipah". Jika bloggers sekalian mempunyai pengalaman di CPU Tambora atau mempunyai pertanyaan tentang CPU Tambora, silahkan dibagi di kolom komentar, terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "CPU (Central Processing Unit) Tambora"

  1. Akhirnya kalian menikah khan..

    ReplyDelete
  2. bisa minta coordinate gps nya mas? saya butuh neh, thanks

    ReplyDelete
  3. For every one of these administrations, you could be under various suppliers. that makes things confounded - you'll have to stay aware of each, telephone a better place each time you have to investigate, keep record of various agreements, or more all, it might wind up costing you more than you ought to be paying. So the arrangement is basic: discover a spot which gives you every one of these administrations under one rooftop. Professional graphic design

    ReplyDelete
  4. At the point when Gartner talks, individuals tune in. In late 2008, they delivered their projections for IT spending plans in 2009. Their projections are a solid marker of how sound the IT business will be. headsets for online learning

    ReplyDelete
  5. Trims untuk Infonya,
    Jika berkenan ditunggu kunjungan baliknya ke Web saya di https://www.agres.id atau cek Tips Trik Komputer & Laptop

    ReplyDelete
  6. You make so many great points here that I read your article a couple of times. Your views are in accordance with my own for the most part. This is great content for your readers. how to start a payment processing company

    ReplyDelete