Pulau Beras Basah Bontang

kali ini saya akan membahas salah satu potensi wisata kota Bontang, yaitu pulau Beras basah.

Pulau beras basah terletak di laut kota Bontang. Pulau ini bisa diakses melalui pelabuhan dimana saja di kota Bontang. perlu diketahui, bontang memiliki banyak pelabuhan kecil diantaranya adalah pelabuhan PT Badak NGL, pelabuhan Tanjung laut, pelabuhan Tanjung limau dan pelabuhan Lhoktuan. Tetapi jenis transportasinya berbeda beda, speed boat hanya terdapat di pelabuhan PT Badak NGL, yang lainnya menggunakan kapal bermesin diesel biasa. Lama perjalanan jika menggunakan kapal biasa bisa memakan waktu setengah jam, kalau menggunakan speed boat hanya 10 menit saja.

Pulau Beras basah dari kejauhan
 Di Beras basah terdapat berbagai tempat untuk "refreshing". Yang paling dominan adalah pantainya, ada juga permainan banana boat, dan mercusuar yang terdapat di sudut pulau. Permainan banana boat tergolong baru, karena dulu belum ada yang menawarkan jasa tersebut disini.
Dari depan ke belakang: Melly, mbak Niken, Ima, Keken, Sari, Garnis

Dari depan: Saya, Adit, Nafi, Irfan, Bahtiar
 Pantainya masih asri dan terdapat di sekeliling pulau. Pantainya terdiri dari pasir putih, pohon kelapa, dan sebagian rumput.
suasana pantai yang masih asri
Disana juga terdapat pondok untuk beristirahat, biasanya pondok ini digunakan untuk tempat makan siang setelah capek bermain di pantai
ada pondok tempat bersantai sejenak
 di bagian depan pulau terdapat semacam tugu selamat darang yang bertuliskan "Wellcome to Beras Basah" yang terbuat dari lempengan alumunium.
Zaenul dan Limas berpose di depan tulisan "Wellcome to Beras Basah"
 walaupun jadi satu satunya ikon wisata pantai di kota Bontang, kondisi pulau ini masih asri dan tidak ada sampah berserakan, hal ini dikarenakan kepedulian dan kesadaran masyarakat Bontang akan keindahan pulau Beras basah.
Ima dan Keken berteduh di bawah pohon kelapa
 Dari pulau masih terlihat kilang storage tank LNG PT Badak NGL, letaknya memang tidak terlalu jauh dari daratan kota dan karena letaknya yang berada di selat Makassar, maka ombak di sekitar pulau tidak terlalu besar.
pulang kembali ke kota Bontang

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pulau Beras Basah Bontang"

  1. Sungguh Menyenangkan berlibur ke Pulau Beras basah - mari kita rawar dan kita jaga Kebersihan Pulau Bersa basah tercinta ini

    ReplyDelete
  2. Setuju, kalau kita rawat dan jaga, Beras Basah yang telah menjadi ikon pariwisata kota Bontang, bukan tidak mungkin ini akan menjadi ikon pariwisata Kalimantan Timur dan bahkan Indonesia.

    ReplyDelete